loader image
0 Items

Ragam Makanan yang Sebaiknya Dipilih dan Dihindari Penderita Cacar Monyet

 

Penularan cacar monyet kini terus diwaspadai setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyakit ini sebagai keadaan darurat kesehatan global pada Juli 2022. Di Indonesia, pasien terkonfirmasi cacar monyet sudah lama sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Meski demikian, masyarakat tetap harus waspada agar tidak terjadi lagi wabah besar di negara ini. Berikut makanan yang dianjurkan serta dihindari dikonsumsi oleh penderita cacar monyet.

Makanan yang dihindari
Dalam pertemuan dengan media secara virtual pada Rabu, 21 September 2022, Ketua Satuan Tugas Monkeypox PB IDI, dr. Hanny Nilasari, menyebutkan tidak ada makanan khusus yang harus dihindari saat seseorang sedang terinfeksi cacar monyet.

“Karena ini sebetulnya infeksi jadi tidak ada makanan-makanan khusus yang harus dihindari,” katanya.

Namun, Hanny menjelaskan pada saat terinfeksi virus monkeypox, orang akan mengalami berbagai fase, salah satunya fase penyembuhan. Pada fase ini lesi-lesi yang timbul akan terasa gatal.

“Fase penyembuhan biasanya gatal, pada fase penyembuhan itu harus kita perhatikan (asupan makanannya),” ungkapnya.

Ada beberapa jenis makanan yang menurutnya harus dihindari saat sedang ada dalam fase penyembuhan tersebut. Makanan itu adalah jenis yang tinggi protein seperti putih telur, daging, dan ikan-ikan yang berprotein tinggi. Menurutnya, hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi yang berat.

“Kalau misalnya pasien itu gatal dan kemudian makan protein yang tinggi, dia cenderung menggaruk, nanti jadi strechmark, kemudian bisa juga jadi infeksi sekunder,” papar Hanny.

Infeksi sekunder ini bisa menjadi penyebab lama dan beratnya proses penyembuhan cacar monyet dan Hanny menjelaskan ini berlaku pada proses penyembuhan cacar air.

“Prinsipnya adalah sama dengan cacar air, pada fase penyembuhan akan terasa gatal di seluruh lesi-lesi yang ada. Jadi, yang harus diperhatikan adalah asupan protein,” jelasnya.

Makanan yang disarankan
Menurut Hanny, makanan yang harus dikonsumsi oleh orang yang terinfeksi cacar monyet adalah yang tinggi mineral, vitamin, serta memperhatikan asupan karbohidrat setiap hari. Dilansir dari Healthline, makanan tinggi vitamin seperti alpukat, stroberi, bluberi, sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan lobak, buah-buahan seperti mangga, markisa, dan nanas yang kaya vitamin C dan berguna untuk kekebalan tubuh. Meski memang telur dan daging juga kaya mineral dan vitamin, dua jenis makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

 

7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

 

Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh. Ini juga disebut hipertensi. Jika memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Melansir dari Situs berita no 1, tekanan darah yang lebih tinggi dari 180/120 mmHg dianggap sebagai hipertensi darurat atau krisis. Dibutuhkan bantuan medis darurat untuk siapa saja dengan angka tekanan darah ini.

Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala, bahkan jika tekanan darah mencapai tingkat yang sangat tinggi. Anda dapat memiliki tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun tanpa gejala apapun.

Namun, bagi beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin mengalami sakit kepala, sesak napas, hingga mimisan. Gejala ini tidak spesifik, biasanya tidak terjadi sampai tekanan darah tinggi telah mencapai tahap yang parah atau mengancam jiwa.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk orang yang mengalami tekanan darah tinggi:

1. Makanan Restoran

Nasi goreng udang di rumah makan mungkin enak, tapi mengandung sodium. Sebagian besar natrium dalam makanan berasal dari restoran dan makanan kemasan. Cari pilihan menu rendah sodium atau minta koki membuat makanan tanpa garam.

2. Makanan Beku

Meskipun butuh makanan cepat, jadi sebaiknya hindari makana beku karena sarat dengan sodium. Jika membutuhkan sesuatu yang cepat sesekali, cari opsi dengan 600 miligram sodium atau kurang.

3. Camilan Asin

Kebanyakan keripik, kerupuk, dan popcorn mengandung sodium tinggi. Misalnya, satu porsi keripik kentang polos memiliki sekitar 50-200 miligram. Cobalah kacang-kacangan, biji-bijian, keripik, atau pretzel yang rendah atau tanpa sodium saat ingin dikonsumsi atau cobalah wortel segar dan batang seledri untuk mendapatkan kerenyahan yang memuaskan.

4. Sup

Ini lezat disantap di hari yang dingin, tetapi sering kali mengandung banyak natrium. Satu mangkok (8 ons) sup tomat dapat mengandung 700 hingga 1.260 miligram natrium. Beli versi rendah sodium atau buat sendiri dan bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah.

5. Daging Olahan

Daging sebagai makan siang biasanya memiliki sekitar 750 miligram atau lebih natrium per porsi. Itu sekitar enam irisan tipis. Daging olahan lainnya yang juga tinggi natrium termasuk hot dog, daging kornet, bacon, dan sosis.

6. Pizza

Sepotong pizza keju beku 4 ons memiliki 370 hingga 730 miligram. Dan sepotong 4 ons dari restoran memiliki lebih banyak lagi. Untuk menguranginya, pesanlah pizza yang lebih kecil dan buang kulitnya yang sudah diisi. Pilihlah kerak tipis dan sayuran untuk manfaat kesehatan yang lebih banyak lagi.

7. Bir, Anggur, dan Alkohol

Peluang terkena tekanan darah tinggi meningkat ketika minum terlalu banyak alkohol. Konsumsi anggur merah juga telah dikaitkan dengan kesehatan jantung.