loader image
0 Items

Berikut Sejarah Paling Berpengaruh di Dunia

Wabah Hitam

Epidemi “Black Death”, yang juga disebut wabah hitam https://myrebelradio.com/baccarat-online/ atau wabah pes, di seluruh Eropa dan Asia, telah menjadi salah satu peristiwa paling terkenal dalam sejarah. Wabah ini menewaskan 30-60 persen dari seluruh populasi Eropa saat itu, yang berkisar antara 75 sampai 200 juta jiwa. Kejadian ini terjadi pada tahun (1346-1353)

Pertumbuhan populasi manusia tidak berlanjut sampai selama satu abad, dan populasi global tidak pulih sampai abad ke tujuh belas. Gejolak sosial, agama, dan ekonomi yang mendalam mengakibatkan wabah hitam tak dapat terelakkan.

Jumlah korban yang besar menyebabkan kekurangan tenaga kerja ekstrem, yang membuat upah menjadi lebih tinggi untuk para petani yang masih bisa bekerja. Secara tidak langsung wabah hitam juga membantu mematahkan otoritas absolut Gereja Katolik pada saat itu.

Jatuhnya Konstantinopel

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1453 setelah adanya pengepungan selama 53 hari oleh Sultan Mehmed II dari Ottoman yang pada waktu itu masih berusia 21 tahun. Konstantinopel bukanlah sembarang kota; itu adalah kota terkemuka di dunia dan telah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi Timur selama enam belas abad.

Jatuhnya kota ini dianggap merupakan anugerah besar bagi umat Islam dan tentunya menjadi pukulan yang sangat telak bagi umat Kristiani. Sebelumnya kota ini dianggap berperan dalam penyebaran agama Kristen, bahkan diberi nama dari Constantine yang merupakan seorang Kaisar Romawi. Setelah ditaklukkan Ottoman, kota ini menjadi benteng pertahanan bagi umat Islam. Ngomong – ngomong kalian pernah lihat atau pakai pakaian perang secara langsung? menarik nih jika dibahas seputar berita fashion indonesia agar bisa dijadikan pembelajaran desain baju sejarahnya!

Perang Dunia II

Perang Dunia II adalah perang besar yang melibatkan negara-negara di benua Amerika, Asia, dan Eropa pada 1939-1945. Peperangan ini menewaskan jutaan orang di seluruh dunia termasuk peristiwa Holocaust. Holocaust merupakan pembantaian 6 juta orang beragama Yahudi pada masa Perang Dunia II yang juga dikepalai oleh Adolf Hitler.

Perang Dunia II ini cukup berpengaruh karena mengubah tatanan dunia. Setelah peristiwa ini, lahirlah organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Epidemi HIV/AIDS

HIV/AIDS merupakan salah satu epidemi penyakit terbesar di dunia. Kasus HIV/AIDS pertama kali ditemukan pada 1981. CDC atau yang biasa disebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat melaporkan adanya virus baru yang menjangkiti 5 pria homoseksual di Los Angeles.

Beberapa bulan kemudian, kasus tersebut semakin banyak ditemukan di seluruh AS. Pada 1982, virus itu diidentifikasi sebagai Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dari AS, virus itu terus-menerus berkembang ke berbagai penjuru dunia. Sampai saat ini, para ahli akan selalu terus menerus berusaha menemukan obat untuk HIV. Yang paling baru, para ahli menemukan obat antiretroviral yang hanya untuk mencegah virus berkembang dan juga menghancurkan sel tubuh.